Skip to main content

Mitos Yang Dikhawatirkan Para ''MABA''


Mitos Yang Dikhawatirkan Para ''MABA''

Berbagai Universitas di Indonesia saat ini mulai bergeliat dengan berbagai kegiatan untuk menyambut semeseter baru dan tentunya para mahasiswa baru angkatan 2019. Sebagai serorang mahasiswa baru tentu kamu banyak mendengar berbagai kabar burung tentang tidak enaknya menjadi seorang maba.
Hal ini kadang menjadi momok tersendiri bagi para mahasiswa baru yang baru pertama kali mengecap bangku kuliah. Nyatanya hal tersebut banyak tidak benarnya. Simak yuk hal apa saja yang sering menjadi momok para maba yang sebenarnya tidak terbukti kebenarannya.
Ketakutan yang seharusnya tidak perlu takut

Kira Kira apa aja sih yang ditakutkan maba sebenarnya tidak benar terjadi berikut ulasannya : 

OSPEK YANG GA ENAK
Banyak mahasiswa baru menganggap masa orientasi saat menjadi maba adalah hal yang menakutkan. Nyatanya hal tersebut sangat keliru. Saat ini setiap Universitas di Indonesia memiliki aturan dan pedoman yang tentunya mereduksi unsur perpeloncoan dan kekerasan. Justru masa orientasi mahasiswa baru akan memberikanmu kenangan yang pastinya akan sangat kamu rindukan kelak.

Apalagi guys sekarang sudah tidak ada tuh yang namanya perploncoan karena sudah sangat diawasi banget yang namanya ospek. Semua nya akan baik baik aja koq, percaya deh btw saya juga ngalamin yang namanya OSPEK awal sih takut ternyata,, asik banget bisa kenal sama kakak tingkat dan temen satu jurusan bahkan satu fakultas jadi nambah temen dan pengalaman asik kan ?

     Dosen Yang Galak

Ketika menjadi mahasiswa baru ada perasaan takut ketika pertama kali melihat dosen yang mengajar. Mungkin hal itu wajar ketika memasuki lingkungan yang baru. Namun faktanya dosen juga layaknya seorang guru yang sering kamu temui saat SD, SMP dan SMA.

Dosen yang galak, memang sih tapi mungkin saya kira mereka itu bersikap tegas ketimbang galak. Mungkin karena kalian juga kan harus sudah transisi dari masa yang harus disuapin sekarang apa apa harus usaha sendiri. Jadi semua tergantung dari kitanya tuh. Jadi sama aja ko kamu gaperlu tapi tetap harus hormat dan menghargai ya…
    Sulit Dapat Teman

Ini yang sering menjadi momok oleh para mahasiswa baru. Apalagi jika kamu anak perantauan yang masuk ke lingkungan sangat baru. Ketakutan tidak mendapatkan teman sering membuat para mahasiswa baru menjadi minder.
Sebenarnya justru dengan lingkungan dan dunia yang baru ini lingkup pertemanan kamu menjadi lebih fleksibel. Cobalah berbaur dan dijamin para mahasiswa baru lainnya akan terbuka karena mereka juga mencari orang yang bisa dijadikan teman.

Masa OSPEK atau orientasi bisa banget kamu jadikan ajang mencari teman, maka dari itu kalian jangan ragu untuk berkenalan sama sesame maba dan kaka tingkat ya. Karena pertemanan akan sangat membantu kalian dalam hal bertanya tugas dan yang ada hubungannya dengan kuliah kalian.

Pelajarannya Yang Susah

Ketika baru lulus SMA dan memasuki dunia kuliah. Para mahasiswa baru sering menganggap bahwa pelajaran saat menjadi mahasiswa akan lebih sulit dari pelajaran ketika SMA. Sebenarnya itu adalah pemikiran yang salah. Pelajaran ketika kamu menjadi mahasiswa kadarnya terbilang mirip dengan masa SMA. Bedanya kamu dituntut mandiri mencari berbagai referensi untuk mata kuliah yang kamu ambil. Jadi tidak ada yang susah kok cuma kita harus lebih mandiri aja.
Ketika kita mau berusaha semua akan menjadi gampang. Aseek
   
     Kaka Tingkat Yang Gak Friendly

Sebagai orang baru di lingkungan kampus. Kadang kamu berpikiran bahwa mahasiswa yang lebih senior itu sering tidak bersahabat terhadap adik tingkatnya. Padahal jika ditelaah lebih dalam. Kuncinya adalah bagaimana pembawaan dirimu terhadap para kakak tingkat. Jika kamu bersikap ramah dan sopan pastinya kamu akan mendapatkan feedback yang positif dari kakak tingkatmu. Intinya para kakak tingkat tidak semuanya adalah orang-orang yang tidak bersahabat.
Bahkan ada kaka tingkat yang sabar banget lho, ngasih informasi perkuliahan dan ospek ke maba. Semuanya tergantung pribadi kita dan intinya tetap ramah dan sopan.

Oke Deh, jadi gitu  kekhawatiran maba yang sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, setelah baca ini gimana masih khawatir? Atau sudah siap terjun    dan berkarya di Kampus masing-masing?

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL KEMAH PRAMUKA, LENGKAP!

Siapa sih yang tidak mengenal berkemah? untuk kalian anak Pramuka atau dulunya suka exploring pasti kenal banget sama kegiatan yang satu ini. Pengertian kemah menurut wikipedia :  Berkemah  adalah sebuah kegiatan  rekreasi  di luar  ruangan . Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya  perkotaan , atau dari keramaian secara umum, untuk menikmati keindahan  alam . Berkemah biasanya dilakukan dengan menginap di lokasi  perkemahan , dengan menggunakan  tenda , di bangunan primitif, atau tanpa atap sama sekali. Menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia ,  kemah  ( kata benda ) adalah tempat tinggal darurat, biasanya berupa tenda yang ujungnya hampir menyentuh tanah dibuat dari kain terpal dan sebagainya.  perkemahan  ( kata benda ) 1 hal berkemah; 2 himpunan kemah (pramuka, pasukan, dsb); tempat berkemah. Berkemah sebagai aktivitas rekreasi mulai populer pada awal  abad ke-20 . Kegiatan ini juga umumnya disertai dengan kegiatan rekreasi luar ruangan lainnya, s

Coba Ini: 7 Aplikasi Wajib Untuk Mahasiswa Agar Semakin Produktif

7 Aplikasi Wajib Untuk Mahasiswa Agar Semakin Produktif Halo Sahabat Mahasiswa! Apa kabarnya? Sudah lama ya, saya tidak unggah artikel di blog. Jika Diibaratkan rumah, maka blog ini sudah berdebu pastinya. Haha Di kesempatan ini, saya akan berbagi informasi tentang apa-apa saja aplikasi yang wajib ada di gawai kalian nih. Khususnya kalau kalian seorang mahasiswa atau pelajar. Disclaimer: APLIKASI YANG SAYA SEBUTKAN MERUPAKAN APLIKASI YANG SUDAH SAYA GUNAKAN. MUNGKIN TERDAPAT BEBERAPA PERBEDAAN PANDANGAN. Langsung saja guys , kita masuk ke daftar aplikasinya. 1. Google Docs      Siapa yang tidak kenal dengan google docs ?      Google docs merupakan fasilitas yang diberikan oleh Google dalam hal pengolahan kata. Buat kamu yang suka ngetik-ngetik draft makalah, karya tulis secara realtime dan bersamaan dengan kawan. Tentu saja ini membuat pekerjaan kelompok kalian jadi lebih efisien. Pasalnya, setiap perubahan yang terjadi pada dokumen akan tersimpan secara otomatis dan dapat terintegrasi

CAPTION TWIBBON KU! UIN JAKARTA

Momen pengenalan kampus merupakan momen yang sangat menggembirakan sekaligus menakutkan bagi sebagian orang. Namun momen ini merupakan momen yang dinantikan sebagai usaha terakhir kita dapat masuk pada jenjang perguruan tinggi. pada momen ini juga kita dituntut untuk dapat bersosialisasi dengan teman sesama MABA.  Biasanya sebelum memulai masa pengenalan kita akan diberi tugas oleh kating, hehe. Biasaanya ga aneh aneh kalau zaman sekarang, satunya ialan membuat twibbon. Kalian gaperlu ngedit twibbon sendiri biasanya sudah disediakan oleh panitia nya tuh. Kalian tinggal pasang foto kece kalian disitu. Permasalahannya, untuk kalian yang gabiasa menyusun kata-kata pasti akan sangat kesulitan deh menyusun caption twibbon. Maka dari itu saya akan kasih tips kepada kalian yang ingin menyusun caption twibbon biar terlihat kece dan intelektual banget . Hihi. Baiklah, langsung kita ke TIPS :  1. Gunakan quote  Percaya atau tidak, quote akan membuat kesan positif pada capt