Skip to main content

Coba Ini: 7 Aplikasi Wajib Untuk Mahasiswa Agar Semakin Produktif

7 Aplikasi Wajib Untuk Mahasiswa Agar Semakin Produktif

Halo Sahabat Mahasiswa! Apa kabarnya? Sudah lama ya, saya tidak unggah artikel di blog. Jika Diibaratkan rumah, maka blog ini sudah berdebu pastinya. Haha

Di kesempatan ini, saya akan berbagi informasi tentang apa-apa saja aplikasi yang wajib ada di gawai kalian nih. Khususnya kalau kalian seorang mahasiswa atau pelajar.

Disclaimer: APLIKASI YANG SAYA SEBUTKAN MERUPAKAN APLIKASI YANG SUDAH SAYA GUNAKAN. MUNGKIN TERDAPAT BEBERAPA PERBEDAAN PANDANGAN.

Langsung saja guys, kita masuk ke daftar aplikasinya.

1. Google Docs




    Siapa yang tidak kenal dengan google docs ?

    Google docs merupakan fasilitas yang diberikan oleh Google dalam hal pengolahan kata. Buat kamu yang suka ngetik-ngetik draft makalah, karya tulis secara realtime dan bersamaan dengan kawan. Tentu saja ini membuat pekerjaan kelompok kalian jadi lebih efisien. Pasalnya, setiap perubahan yang terjadi pada dokumen akan tersimpan secara otomatis dan dapat terintegrasi dengan Google Drive sehingga aman dari virus atau kerusakan.

2. Google Drive




    Siapa yang masih bawa flashdisk atau penyimpanan eksternal kemana-mana ? Hehe. Masih ada mungkin yah. Tau gak sih? Google Drive itu kalau dioptimalkan manfaatnya, sangat buat hidup kita efisien dan produktif, Lho. Pasalnya, layanan penyimpanan online (cloud) buatan Google ini, layak jadi aplikasi terbaik untuk penyimpanan di era sekarang. Kenapa ? Penyimpanan gratis yang cukup lega (sekitar 15 GB) cukup untuk menyimpan segala dokumen kuliah atau materi pembelajaran kamu. Pengoperasiannya juga mudah kok.



(Foto Google Drive saya)

Di atas merupakan foto folder di Google Drive saya. Ada Ebook? Upload. Ada Materi Kuliah? Upload juga. Sehingga di mana dan kapan saja tetap bisa akses dan produktif deh.

3. Google Sheets/Spreadsheet


Ada anak Akuntansi? Cung.

Ini aplikasi wajib dimiliki guys, khususnya kalau kalian kuliah jurusan Akuntansi. Edit file laporan yang isinya angka. Bisa banget di sini. Konsep dan fitur mirip dengan Ms. Excel yah.

4. Google Keep
sumber :
https://sea.pcmag.com/productivity/3438/7-reasons-to-actually-start-using-google-keeps

Aplikasi ini biasanya saya gunakan kalau lagi ada ide sesuatu, habis mikir sesuatu konsep daripada lupa, langsung deh buat draft di Keep. Layanannya online dan realtime, akses di manapun dan dari perangkat apapun.

5. iPusnas

sumber: https://kurio.id/app/articles/22979534


Hayo, ada yang bingung cari referensi kuliah atau bahan bacaan? Tenang guys. iPusnas nolong banget, sih. Sebagian besar bacaan saya banyak dari sana. Lumayan lengkap ko buku-bukunya dan layanannya juga semakin baik. Yang hobi baca, pasti punya aplikasi ini.

6. Canva




    Ada yang udah install ?. Aplikasi ini ngebantu banget dalam hal desain grafis sederhana. Penggunaannya yang simple dukung banget kalau saya akan dan sedang buat poster, dsb. Kalau tau cara optimalisasinya, Canva ini udah lebih dari cukup buat kamu yang doyan desain. Bantu bikin poster olshop temen? Bisa. Buat logo? Bisa. Susah nyari contoh poster? Di Canva banyak templatenya juga guys, jadi tenang. Tinggal ubah sesuai maunya kita aja. Pokoknya Membantu banget. Creat ur Desain!

7. TED


    Sebagai Mahasiswa kita dituntunt agar up to date alias gak boleh ketinggalan informasi dan isu terkini. Apalagi pengen sekalian belajar bahasa Inggris? Atau meningkatkan skill listening kalian. Bisa banget. Rekomendasi banget buat kalian untuk download aplikasi TED di Smartphone. Isu yang dibahas luar biasa beragam mulai dari politik, gender, sampai teknologi. Dibawakan oleh para ahli dan Expertist dibidangnya masing-masing.

Okay deh, segitu dulu rekomendasi aplikasi yang wajib kalian miliki di Smartphone. Jika ada rekomendasi aplikasi lain. Tulis di kolom komentar. See you next time!

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL KEMAH PRAMUKA, LENGKAP!

Siapa sih yang tidak mengenal berkemah? untuk kalian anak Pramuka atau dulunya suka exploring pasti kenal banget sama kegiatan yang satu ini. Pengertian kemah menurut wikipedia :  Berkemah  adalah sebuah kegiatan  rekreasi  di luar  ruangan . Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya  perkotaan , atau dari keramaian secara umum, untuk menikmati keindahan  alam . Berkemah biasanya dilakukan dengan menginap di lokasi  perkemahan , dengan menggunakan  tenda , di bangunan primitif, atau tanpa atap sama sekali. Menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia ,  kemah  ( kata benda ) adalah tempat tinggal darurat, biasanya berupa tenda yang ujungnya hampir menyentuh tanah dibuat dari kain terpal dan sebagainya.  perkemahan  ( kata benda ) 1 hal berkemah; 2 himpunan kemah (pramuka, pasukan, dsb); tempat berkemah. Berkemah sebagai aktivitas rekreasi mulai populer pada awal  abad ke-20 . Kegiatan ini juga umumnya disertai dengan kegiatan rekreasi luar ruangan lainnya, s

CAPTION TWIBBON KU! UIN JAKARTA

Momen pengenalan kampus merupakan momen yang sangat menggembirakan sekaligus menakutkan bagi sebagian orang. Namun momen ini merupakan momen yang dinantikan sebagai usaha terakhir kita dapat masuk pada jenjang perguruan tinggi. pada momen ini juga kita dituntut untuk dapat bersosialisasi dengan teman sesama MABA.  Biasanya sebelum memulai masa pengenalan kita akan diberi tugas oleh kating, hehe. Biasaanya ga aneh aneh kalau zaman sekarang, satunya ialan membuat twibbon. Kalian gaperlu ngedit twibbon sendiri biasanya sudah disediakan oleh panitia nya tuh. Kalian tinggal pasang foto kece kalian disitu. Permasalahannya, untuk kalian yang gabiasa menyusun kata-kata pasti akan sangat kesulitan deh menyusun caption twibbon. Maka dari itu saya akan kasih tips kepada kalian yang ingin menyusun caption twibbon biar terlihat kece dan intelektual banget . Hihi. Baiklah, langsung kita ke TIPS :  1. Gunakan quote  Percaya atau tidak, quote akan membuat kesan positif pada capt