Skip to main content

Letter To My Self



Letter to my self in future
(Rencana 5, 10 Tahun Kedepan)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

Ada istilah tak kenal maka tak sayang, tapi istilah itu akan saya ganti dengan tak kenal ya kenalan, lah. Perkenalkan nama saya Bhahari Abdul Gani. Saya kelahiran kota yang dikenal karna peristiwa Gunung meletus sekitar tahun 1982, gunung Galunggung dimana lagi kalau bukan Kota Tasikmalaya. Saya merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Abang saya sudah menikah dan memiliki keluarga sendiri dan kedua adik saya masih bersekolah yang satu SD yang satunya lagi TK. Saya lahir dalam keluarga yang sederhana dan suka berpetualang, bagaimana tidak saya di Kota Tasikmalaya hanya numpang lahir setelah itu dibawa oleh orang tua saya ke Bandung dan kemudian merantau ke Jakarta. Ada alasan kedua orang tua saya melakukan hal demikian, tapi saya tidak bisa menceritakannya di surat yang singkat ini.

Proses kehidupan yang saya lalui bersama keluarga merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa yang membentuk jati diri serta tekad saya. Sejak saat saya masih di sekolah dasar saya  bertekad untuk merubah nasib keluarga dan mengangkat harkat serta derajat orang tua saya. Hanya ada satu motivasi dalam diri yang selalu mengingatkan saya ketika tubuh sudah terasa lelah dan merasa semua sudah tidak berarah, yaitu my parents. Merekalah alasan saya, sebuah usaha dan doa paling serius saya utarakan untuk keberhasilan. Karena tidak ada kebahagiaan bagi saya selain melihat mereka tersenyum dan menangis bangga.

Berbicara tentang cita – cita, mimpi, harapan, ibarat sebuah kompas yang membawa manusia kemana dirinya akan dibawa. Semua orang tanpa terkecuali memiliki kompas yang kita sebut dengan cita – cita. "Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang." Ujar Presiden pertama RI. Setiap orang memiliki cita – cita dan semua bergerak  untuk mewujudkannya, tidak terkecuali juga saya. Mungkin akan terlihat sukar, dan terlihat mustahil bagi orang lain. Tapi untuk diri saya, tidak ada yang mustahil jika kita mau dan Tuhan sudah berkehendak. Ya kekuatan Prinsip, hal itu yang akan membuat manusia bebas jiwa dan pikirannya walaupun raganya terasa di penjara. Dirinya tidak membiarkan pikirannya memikirkan hal itu terasa sulit karena memiliki kekuatan prinsip yang jelas.

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama. Itulah pepatah yang sering saya dengar sejak kecil, jika kita menuliskan sebuah rencana hidup tidak terlepas dengan harapan dan bagaimana kita ingin dikenang nanti sewaktu sudah wafat. Apakah dikenang sebagai presiden, pahlawan, ilmuwan, atau dikenang sebagai pencuri yang mencuri roti warung Pak Oman karena kelaparan. Saya ingin dikenang sebagai seorang yang banyak menebar manfaat, sesuai sabda Nabi Muhammad SAW 14 abad lalu, “Khairunnas anfa’uhum linnas”, “Sebaik-baik manusia di antaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tahun 2019: Sebuah Permulaan
Tahun ini, sebuah permulaan perjuangan diterimanya saya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Di tahun ini, harapan saya bisa lancar mengikuti perkuliahan, dan aktif mengembangankan diri dalam kepanitiaan ivent di Jurusan, Fakultas, maupun Universitas. Mengikuti berbagai seminar, dan turut aktif dalam membantu adik kelas sewaktu Sekolah Menengah untuk bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Selain itu, memperluas jaringan serta pertemanan dan menambah relasi sehingga dapat membantu proses kedepannya. Target utama tahun ini ialah, aktif dan kontributif dalam hal kepanitiaan dan pengembangan diri diluar kelas mengingat akademis hanya bagian kecil dalam menunjang kesuksesan diluar sana ada porsi lebih besar ialah, komitmen, kejujuran, tanggung jawab, kerja sama serta relasi. Sehingga dengan demikian saya berharap menjadi pribadi yang professional serta handal serta memiliki kapasitas intelektual yang mumpuni.

Tahun 2020: Proses Panjang, Bagian Satu
Setelah menempa diri dan menyesuaikan dengan iklim yang positif, sudah saatnya mulai saya berfikir untuk aktif dalam kepengurusan Himpunan, Organisasi lain yang saya ikuti. Selain itu saya berharap mendapatkan IP yang baik serta dapat mempertahankannya. Sepanjang tahun ini saya ingin aktif dalam organisasi, kursus bahasa inggris ke Kampung Inggris Pare dan mengikuti berbagai kegiatan Bakti Sosial. Selain itu, saya akan menempa bakat saya dan mengikuti perlombaan dan diharapkan dapat membawa prestasi bagi Almamater.

Tahun 2021: Proses Panjang, Bagian Dua
Ditahun ini saya, saya berkeinginan untuk menjadi volunteer pendidikan atau perdamaian delegasi Indonesia. Mengkuti kegiatan – kegiatan sosial dalam bidang pendidikan dan apa saja yang menunjang semangat cinta sosial. Dengan begitu semangat cinta sosial saya akan terbangun. Mempertahankan IP baik serta bisa menjelajah beberapa daerah di Indonesia.

Tahun 2022: Proses Panjang, Bagian Tiga
Tahun ini usia saya sekitar 21 Tahun, mendekati masa akhir dari perkuliahan yang saya harapkan dan menjadi sebuah harapan ialah bisa mulai menemukan passion dan keberlajutan dari studi saya di Strata Satu ini. Sudah menentukan judul apa yang saya akan ambil dalam skripsi dan mulai mempersiapkannya. Disamping itu, ditahun ini juga saya berkeingan sudah menempati posisi strategis di Organisasi. Membuka usaha kecil – kecilan seperti catering dan ivent organizer. Mengikuti coaching motivation and leadership yang diharapkan membawa diri saya siap lagi dalam mengarungi fajar masa depan.

Tahun 2023: Wisuda
Harapan saya dapat wisuda di waktu yang tepat dan menurut saya waktu yang tepat ialah genap 4 tahun. Tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat juga. Menjelang wisuda saya ingin segera mengamankan tiket wisuda dan berharap lulus dengan predikat Cumlaude. Dan selanjutnya saya berkeinginan untuk umrah bersama kedua orang tua saya, doakan saja moga niat ini terlaksana. Ditahun ini juga saya berharap bisa melanjutkan hidup saya dengan kerja di bidang professional. Dan harapannya juga, semoga ditahun ini saya bisa meraih kesempatan mengenyam pendidikan di Luar Negeri, Khususnya di Amerika Serikat/Jepang. Saya akan mendedikasikan diri saya untuk meraih kesempatan tersebut.

Demikian harapan saya, di lima tahun kedepan. Sebenarnya masih banyak yang diharapkan dan diimpikan.
Perjuangan baru, 5 Tahun Setelah Wisuda
Kerja dibidang  proffesional sebenarnya bukan tujuan utama ku, tapi tujuan ku ialah ingin menjadi seorang pengajar dan mendirikan sebuah Yayasan yang bergerak dalam bidang Kemanusiaan dan Pendidikan. Perjuangan untuk sampai pada titik itu Ku akui  tidaklah mudah. Mungkin setelah wisuda diriku berusia 23 tahun kurang lebih dan diriku sudah cukup matang dalam beberapa hal.
Diusia yang kata orang sedang produktif-produktifnya saya ingin berkontribusi pada pengembangan dan pembangunan sumber daya manusia dan bidang yang paling sesuai ialah Pendidikan. Memiliki beberapa usaha kecil dan menjadi pengajar ialah tujuan hidup dan akan menjadi semangat untuk terus berusaha. Demi masa depan sumber daya Manusia Indonesia yang lebih baik lagi.

Akhir kata, itulah gambaran 10 tahun kedepan dari diri saya. Tulisan ini hanya menggambarkan sedikit dari semua keinginan ku yang mungkin belum terlintas dalam hati dan pikiran. Intinya, semua hal yang saya lakukan merupakan manifes syukurku pada Allah SWT. Setidaknya, dengan berorientasi pada hal bermanfaat dapat mewujudkan salah satu alasan Manusia diciptakan. Saya Bhahari Abdul Gani, berani bermimpi, berani beraksi mari gapai prestasi bukan sensasi.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

Kota Tangerang,                  Des  2019


Bhahari Abdul Gani


Comments

Popular posts from this blog

CONTOH PROPOSAL KEMAH PRAMUKA, LENGKAP!

Siapa sih yang tidak mengenal berkemah? untuk kalian anak Pramuka atau dulunya suka exploring pasti kenal banget sama kegiatan yang satu ini. Pengertian kemah menurut wikipedia :  Berkemah  adalah sebuah kegiatan  rekreasi  di luar  ruangan . Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya  perkotaan , atau dari keramaian secara umum, untuk menikmati keindahan  alam . Berkemah biasanya dilakukan dengan menginap di lokasi  perkemahan , dengan menggunakan  tenda , di bangunan primitif, atau tanpa atap sama sekali. Menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia ,  kemah  ( kata benda ) adalah tempat tinggal darurat, biasanya berupa tenda yang ujungnya hampir menyentuh tanah dibuat dari kain terpal dan sebagainya.  perkemahan  ( kata benda ) 1 hal berkemah; 2 himpunan kemah (pramuka, pasukan, dsb); tempat berkemah. Berkemah sebagai aktivitas rekreasi mulai populer pada awal  abad ke-20 . Kegiatan ini juga umumnya disertai dengan kegiatan rekreasi luar ruangan lainnya, s

Coba Ini: 7 Aplikasi Wajib Untuk Mahasiswa Agar Semakin Produktif

7 Aplikasi Wajib Untuk Mahasiswa Agar Semakin Produktif Halo Sahabat Mahasiswa! Apa kabarnya? Sudah lama ya, saya tidak unggah artikel di blog. Jika Diibaratkan rumah, maka blog ini sudah berdebu pastinya. Haha Di kesempatan ini, saya akan berbagi informasi tentang apa-apa saja aplikasi yang wajib ada di gawai kalian nih. Khususnya kalau kalian seorang mahasiswa atau pelajar. Disclaimer: APLIKASI YANG SAYA SEBUTKAN MERUPAKAN APLIKASI YANG SUDAH SAYA GUNAKAN. MUNGKIN TERDAPAT BEBERAPA PERBEDAAN PANDANGAN. Langsung saja guys , kita masuk ke daftar aplikasinya. 1. Google Docs      Siapa yang tidak kenal dengan google docs ?      Google docs merupakan fasilitas yang diberikan oleh Google dalam hal pengolahan kata. Buat kamu yang suka ngetik-ngetik draft makalah, karya tulis secara realtime dan bersamaan dengan kawan. Tentu saja ini membuat pekerjaan kelompok kalian jadi lebih efisien. Pasalnya, setiap perubahan yang terjadi pada dokumen akan tersimpan secara otomatis dan dapat terintegrasi

CAPTION TWIBBON KU! UIN JAKARTA

Momen pengenalan kampus merupakan momen yang sangat menggembirakan sekaligus menakutkan bagi sebagian orang. Namun momen ini merupakan momen yang dinantikan sebagai usaha terakhir kita dapat masuk pada jenjang perguruan tinggi. pada momen ini juga kita dituntut untuk dapat bersosialisasi dengan teman sesama MABA.  Biasanya sebelum memulai masa pengenalan kita akan diberi tugas oleh kating, hehe. Biasaanya ga aneh aneh kalau zaman sekarang, satunya ialan membuat twibbon. Kalian gaperlu ngedit twibbon sendiri biasanya sudah disediakan oleh panitia nya tuh. Kalian tinggal pasang foto kece kalian disitu. Permasalahannya, untuk kalian yang gabiasa menyusun kata-kata pasti akan sangat kesulitan deh menyusun caption twibbon. Maka dari itu saya akan kasih tips kepada kalian yang ingin menyusun caption twibbon biar terlihat kece dan intelektual banget . Hihi. Baiklah, langsung kita ke TIPS :  1. Gunakan quote  Percaya atau tidak, quote akan membuat kesan positif pada capt